Soal Olimpiade Matematika SD dan Pembahasan Lengkap

Untuk membantu para siswa dalam menyiapkan diri mengikuti Olimpiade Matematika, kali ini saya akan membagikan beberapa contoh soal olimpiade matematika plus dengan pembahasannya. Insya Allah dengan banyak latihan akan membantu siswa dalam lebih memahami bagaimana cara menyelesaikan soal olimpiade. Soal saya buat uraian tanpa pilihan ganda karena kenyataan yang muncul selama ini ternyata siswa sangat mengalami kesulitan ketika harus menjawab soal-soal olimpiade yang bertipe uraian. Banyak peserta olimpiade yang sebenarnya mempunyai kemampuan bernalar dan memecahkan masalah yang cukup baik, tetapi mereka tidak mampu ketika harus menuangkan gagasannya dalam bentuk kalimat-kalimat tertulis. Mereka tidak tahu harus mulai menulis dari apa dan bagaimana alur tulisannya sehingga tidak ada ide yang keluar. Salah satu contoh soal yang saya buat adalah,

1. Dita needs an hour and 10 minutes to build a sand castle. Rita takes 50 minutes to build a sand castle. How long will it take if they work together?

2. Kalau kecepatannya dinaikkan dari 50 km/jam menjadi 60 km/jam, jarak yang ditempuh sepeda motor Andi bertambah 3 km untuk setiap liter bensin yang digunakannya. Pada kecepatan 50 km/jam, sepeda motor Andi dapat menempuh 18 km/liter. Tentukan berapa liter bensin yang dapat dihemat Andi dalam perjalanan sejauh 180 km jika ia menaikkan kecepatan dari 50 km/jam menjadi 60 km/jam! 

3. Hasil dari bilangan yang diurutkan adalah 4, 11, 18, 25, 32, 39, 46, …… , 16.419. Jika 4 adalah bilangan pertama, 11 adalah bilangan kedua maka 16.419 adalah bilangan ke . . . 

4. dsb 

Soal yang saya upload akan terus saya tambah di link bawah ini dengan variasi soal yang berbeda, untuk saat ini langsung saja klik link download dibawah ini untuk mendapatkan soal plus pembahasannya silahkan Klik di sini untuk download gratis atau klik link Admin di pojok atas.

Komentar

Postingan Populer